Kadin Kabupaten Probolinggo Gelar Sosialisasi Management Digital Smart Village

 


Probolinggo,SGI. Guna menunjang profesionalitas dalam menghadapi kemajuan zaman termasuk penguasaan teknologi digital, maka Kamar Dagang dan Industri (Kadin) kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan Sosialisasi Perencanaan desa cerdas yang bekerjasama dengan Universitas Nurul Jadid Paiton berlangsung di pendopo kecamatan Kraksaan. Kamis, 4/07/2024.

Kegiatan yang didukung oleh Bank Jatim ini dihadiri oleh Gede Vandana Wijaya Ketua Kadin Kabupaten Probolinggo, KH Ahmad Faiz A.H.Z. Kepala Biro Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Puja Kurniawan Camat Kraksaan dan 50 peserta terdiri dari perangkat dari 3 desa dari kecamatan Kraksaan dan 3 desa dari kecamatan Besuk serta Fathor Razi Nur Fajri dari Universitas Nurul Jadid dan Rena Roy Zulkarnain dari Kadin Kabupaten Probolinggo sebagai narasumber.

Menurut Ketua Kadin kabupaten Probolinggo, Gede Vandana Wijaya dalam sambutannya mengatakan Untuk mewujudkan harapan Indonesia yang maju di masa depan, desa-desa perlu memiliki kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi. Jadi untuk mendukung hal tersebut, desa harus punya konsep untuk mewujudkan desa yang cerdas. Konsep desa cerdas (smart village) bakal mengubah desa-desa di Indonesia menjadi lebih siap menghadapi masa depan.

Rena Roy Zulkarnain, selaku narasumber dalam acara tersebut  menyampaikan Ini adalah vokasi dalam hal segi peningkatan SDM di mana Kadin itu punya media dan salah satunya adalah memang di pemberdayaan SDM, ada yang di perdagangan dan UMKM. “Intinya adalah untuk SDM, peningkatan sumber daya manusia dan dalam acara ini pesertanya dari desa-desa”, Ujarnya.

Lebih lanjut Roy menambahkan “Diharapkan outputnya masyarakat cerdas, kategori mereka tuh ya bisa menjalankan digitalisasi dari segi manajemen, manajemen database, meningkatkan manfaat dari fasilitas internet di desa, mempermudah perangkat desa untuk mengakses komputernya, secara manajerial seperti itu, jadi harapannya semua kegiatan sudah digitalisasi”katanya.

Narasimber ini mencontohkan harapannya jika ada kejadian di desa. “Pak saya minta surat domisili gitu ya, dia tinggal klik di hp-nya dan nyambung ke database di kantor desa, nanya emailnya apa kemudian hasilnya bisa diprint sendiri”, pungkas Roy. (Har).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال