Tradisi Tahunan Desa Sukoreno Gelar Perayaan Grebek Suro

 

Jember.SGI. Perayaan Grebeg Suro di Desa Sukoreno kecamatan Umbulsari, Jember, tahun ini sangat meriah dengan kehadiran Gus dan Ning Jember, Muspika dan seluruh perangkat desa yang ikut memeriahkan acara tersebut, Sabtu 27 juli 2024.

Tradisi tahunan yang digelar setiap bulan Suro dalam kalender Jawa ini merupakan momen penting, dimulai dengan kirab budaya yang menampilkan berbagai seni tradisional dan beragam hasil bumi dari desa Sukoreno, Tarian, musik gamelan, dan berbagai atraksi budaya lainnya disuguhkan untuk menghibur para pengunjung.

Ketua panitia Supriayadi Saat ditemui media kabarselatan menjelaskan, kegiatan ini merupakan tradisi tahunan di bulan suro sebagai rasa syukur warga desa sukoreno kepada yang maha kuasa agar diberi hasil panen yang melimpah, kebersamaan dan semangat gotong royong yang ditampilkan dalam perayaan ini sangat menginspirasi. Semoga tradisi ini terus dilestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Sementara itu Susi salah satu pengunjung sangat senang dengan adanya kegiatan seperti ini disamping menghibur juga mengenal adat istiadat jawa, dan itu sangat penting buat generasi mudah

Setelah prosesi kirab, warga dengan antusias berebut mendapatkan bagian dari gunungan yang diyakini membawa berkah dan keberuntungan. Tradisi ini menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Selain itu acara Grebeg Suro juga memberikan kesempatan bagi para pedagang lokal untuk menjajakan berbagai produk mereka, mulai dari kuliner khas, Harapannya kegiatan seperti ini terus dilakukan setiap tahun sebagai budaya jawa yang tidak punah," terang Susi.(h/r).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال