DPRD Kabupaten Probolinggo Bahas Komposisi Fraksi


 Probolinggo, SGI.News.Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusuma, S.E., M.M.yang akrab di sapa Oka sebagai Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo sementara periode 2024–2029, memimpin Rapat Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Probolinggo pada Jumat (13/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, ia mengungkapkan kepada para awak media bahwa rapat paripurna kali ini ditujukan untuk mengusulkan komposisi pimpinan fraksi dari setiap partai politik.. 

"Rapat paripurna tadi untuk mengusulkan komposisi pimpinan fraksi masing-masing partai. Siapa ketua fraksinya, siapa wakilnya, sekretaris, serta anggotanya, semuanya diusulkan oleh masing - masing partai. Selain itu, rapat paripurna ini juga mengusulkan tiga pimpinan definitif yang berasal dari partai Golkar, partai Gerindra, dan partai NasDem," jelas Oka. 

Oka menyebutkan bahwa dirinya diusulkan sebagai Ketua DPRD dari Partai Golkar, sementara Zubaidi dari Partai Gerindra dan Sumarmi dari Partai NasDem. Namun Oka menambahkan bahwa usulan pimpinan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih menunggu.tuturnya.

"Terkait PKB, insyaallah akan menyusul pada Selasa mendatang dalam Rapat Paripurna selanjutnya. Kami khawatir jika menunggu PKB terlalu lama, kegiatan tidak bisa berjalan lancar," tambahnya.

Oka berharap bahwa dalam satu hingga dua hari ke depan, pimpinan definitif sudah bisa diberikan rekomendasi sehingga pada Rabu (18/9/2024), mereka dapat bersama-sama mengajukan Surat Keputusan (SK) ke Gubernur untuk disahkan.

Lebih lanjut, Oka menjelaskan bahwa alat kelengkapan dewan (AKD) seperti ketua komisi belum dibentuk, karena pembentukan AKD baru bisa dilakukan setelah Pimpinan definitif dilantik. Untuk saat ini, hanya komposisi fraksi yang telah diusulkan.

"Setelah Pimpinan definitif terbentuk, barulah kami akan membentuk ketua komisi - komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD)lainnya. Tadi setiap fraksi sudah mengusulkan nama-nama untuk pimpinan fraksinya, tapi untuk nama - nama ketua dan anggotanya, saya masih belum hafal semuanya karena datanya masih di sekretariat," pungkas Oka.

Rapat Paripurna kali ini awal dari pembentukan struktur pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo yang diharapkan dapat berjalan lancar dalam beberapa hari ke depan, demi kelancaran jalannya roda pemerintahan di tingkat legislatif.(Har)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال