Ricuh, Aktifitas Bongkar Muat Pupuk di Pelabuhan Probolinggo

 

Probolinggo, SGI. Adanya aktifitas bongkar muat yang ada di Pelabuhan Probolinggo menimbulkan kericuhan. Pasalnya, aktifitas bongkar muat berupa pupuk yang dilakukan Koperasi Puskopal Puspenerbal atas penunjukan BUP PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) ini diduga menyalahi prosedur dalam hal teknis kepelabuhan atau bisa dikatakan kegiatan tersebut ilegal. Akibatnya kericuhan mencuat pada Koperasi Jasa Tenaga Kerja Bongkar Muat (KJTKBM) Pelabuhan Probolinggo, Rabu (28/8).

Diketahui kegiatan bongkar muat komoditas pupuk dari PT. Sriwijaya Palembang dan menggunakan KM Sahabat Sejati 8, sedangkan proses bongkar muat dilakukan Koperasi Puskopal Puspenerbal atas penunjukan BUP PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN), terlebih dengan pengawalan sejumlah aparat TNI Angkatan Laut.

Hal itu menimbulkan ketidakpuasan dari berbagai pihak. Akibatnya KJTKBM Probolinggo terabaikan dengan adanya bongkar muat yang diduga ilegal tersebut, bahkan pihak aparat dipelabuhan ini tidak memperkenankan sejumlah awak media meliput adanya aktifits bongkar muat dipelabuhan.  

Menurut Abdul M Jufri, Ketua KJTKBM Probolinggo mengatakan, bahwa pada dasarnya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Probolinggo belum pernah berikan rekomendasi kepada TKBM Koperasi Puskopal Puspenerbal.  KJTKBM Probolinggo berharap KSOP Probolinggo menindak lanjuti terkait bongkar muat yang diduga ilegal tersebut.

Kita berharap semuanya sesuai dengan regulasi yang ada. Kita berharap diselesaikan secara aturan yang ada, jangan sampai ada demo apalagi tindakan anarkis, supaya kondusifitas di sekitar pelabuhan tetap terjaga. Pada dasarnya KSOP dan provinsi belum pernah berikan rekomendasi pada TKBM Koperasi Puskopal Puspenerbal, ujarnya. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 4 Probolinggo, Taufik Rahman berharap supaya tetap menjaga kondusifitas di wilayah pelabuhan. Sejauh ini pihaknya masih mendalami dan melakukan pendekatan terhadap TKBM yang diduga lakukan bongkar muat tanpa ijin tersebut. Taufik meminta TKBM tetap tenang dan menjadi iklim kondusif diwilayah pelabuhan.

Namun ketika salah satu awak media hendak konfirmasi terkait dugaan penunjukan bongkar muat di Pelabuhan Probolinggo, yang diduga ilegal tersebut, pihak keamanan tidak perkenankan masuk ke wilayah PT DABN Probolinggo. (Har).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال